Selasa, 04 Mei 2010

perkembangan BAHASA menurut Vygotsky


Vygotsky (1962, 1978).Vygotsky dikenal sebagai tokoh yang memfokuskan kepada perkembangan sosial yang disebut sebagai sosiokultural, dia tidak mengabaikan individu atau perkembangan kognitif individu. perkembangan bahasa pertama anak tahun kedua di dalam hidupnya dipercaya sebagai pendorong terjadinya pergeseran dalam perkembangan kognitifnya. Bahasa memberi anak sebuah alat baru sehingga memberi kesempatan baru kepada anak untuk melakukan berbagai hal, untuk menata informasi dengan menggunakan simbol-simbol. Anak-anak sering terlihat berbicara sendiri dan mengatur dirinya sendiri ketika ia berbuat sesuatu atau bermain. Ini disebut sebagai private speech. Ketika anak menjadi semakin besar, bicaranya semakin lirih, dan mulai membedakan mana kegiatan bicara yang ditujukan ke orang lain dan mana yang ke dirinya sendiri.

pertama-tama anak melakukan segala sesuatu dalam konteks sosial dengan orang lain dan bahasa membantu proses ini dalam banyak hal. Lambat laun, anak semakin menjauhkan diri dari ketergantungannya kepada orang dewasa dan menuju kemandirian bertindak dan berpikir. Pergeseran dari berpikir dan berbicara nyaring sambil melakukan sesuatu ke tahap berpikir dalam hati tanpa suara disebut internalisasi.

tuh...., penjelasan sedikit dari abang Vygotsky.... ^_^

jadi bahasa itu adalah salah satu tahap dimana anak bisa mengekspresikan dirinya, sebagai fasilitator ya..., bapak, ibu, calon bapak dan juga calon ibu..., pastinya kudu baca nih detailnya teori dari bang Vigotsky yeeeee~




1. ZPD (Zone of Proximal Development)

Merupakan konsep Vygotsky untuk rangkaian tugas yang terlalu sulit untuk dikuasai namun dapat belajar dengan orang dewasa ataupun temannnya yang lebih mahir.ZPD adalah tingkat keahlian anak yang dilakukan secara mandiri.
"seperti kata yang dia dengar dari orang tuanya seperti misalnya kata "takut" kata itu untuk mengungkapkan perasaan kalau dia takut"


2. Scaffolding

Adalah perubahan tingkat dukungan dan merupakan konsep yang berkaitan denagn ZPD, di saat anak belajar dg tugas baru, orang dewasa/teman yang sudah mahir mengintruksikan langsung, namun ketika kemampuan anak meningkat maka bantuan itu dikurangi agar anak lebih mampu melewati tugasnya dan tidak tergantung.
"secara yang namanya belajar berbahasa..., jadi diajarnya kata "takut"tadi di kurangi dan anak belajar sendri untuk menyampaikannya sendri...,"

3. Dialog

Bentuk komunikasi antara anak dengan orang lain, dimana anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, agar anak dapat memahami suatu konsep yang sistematis, logis dan rasional.
"banyaknya waktu anak berbicara/komunikasai dengan orang lain akan membuatnya semakin baik dalam penyampaian bahasanya pada orang lain"

4.Bahasa dan Pikiran

Ketika anak berbicara dengan orang lain bukan hanya sebagai bentuk interaksi sosial saja, namu juga dapat membantu anak pada usia dini dalam melewati tugas perkembangannya, seperti : untuk megamati perilaku, meyusun rencana, bimbingan dll.
"dengan begitu anak semakin lancar dalam menjalankan tugas perkembangannya"


okey...... g2 aja dulu ya....., besok kita sering" lagi masalah PERKEMBANGAN ANAK yang lain

buay....bay...... ^_^v


4 komentar:

  1. punyanya vygotsky ini, q tertarik ama private speechnya, ,
    hbsnya temenQ ada yg private speech externalnya masih parah walau dah umur 20 tahun hehehe

    BalasHapus
  2. gue dong kurang ajar loe~ kwkwkwkw ^_^

    BalasHapus
  3. waduh,, pengakuan tak terduga XD wkwkwkwkwk
    lg'an yg q maksud bkn km kug =p
    geer dweh, ,

    BalasHapus
  4. maksih banyak ats ilmunya.......... bleh copas ya....?

    BalasHapus